Apa Saja Yang Harus di Siapkan Sebelum Melakukan Operasi Bedah?

Merasakan gerogi sebelum prosedur operasi merupakan hal yang normal. Untuk mengatasi rasa stres ataupun cemas menjelang operasi, aktiflah bertanya beberapa hal2 yang berkaitan dengan operasi yang bakal Anda lakukan dengan dokter bedah hingga tiba saatnya masuk ke ruangan operasi. Ketika dokter Anda mengatakan tentang penyakit yang Anda alami harus dioperasi, tahap kedua ialah memilih dokter bedah yang relevant dengan keadaan Anda. Sebab, setiap dokter bedah mempunyai spesialisasinya sendiri. Barulah sehabis itu, Anda dapat membuat konsultasi dengan dokter bedah itu.

Dokter Bedah

Menurut Dokter Bedah Digestif di Jakarta ini berikut ini adalah sejumlah hal yang dapat Anda tanyakan secara langsung kepada dokter bedah sebelum melakukan operasi terlebih lagi . Apa saya perlu menjalani operasi tersebut? Meski dokter Anda telah menyatakan bahwa Anda membutuhkan operasi untuk mengatasi masalah Anda. Anda tetap bisa bertanya kepada dokter bedah, apa keadaan ini memang memerlukan operasi atau masih terdapatkah cara lainnya untuk menyelsaikannya. Dokter bedah akan memberi pilihan pengobatan lainnya serta risikonya kepada semua pilihan. Anda juga bisa tanya ahli kedua, disamping dokter bedah pertama, alternatif pengobatan apakah yang hasilnya dapat sama baiknya dengan pilihan pembedahan. Sekalian Anda pun betul-betul mengerti risiko daripada setiap pilihan yang Anda bikin. Atau anda bisa menanyakan tentang prosedural bedah yang disebut dengan Bedah Laparoskopi.

Apa faedah, resiko, dan efek sampingnya?

Memperoleh informasi ketiga hal ini adalah hal yang penting. Dengan mengerti ketiga hal itu, Anda bakal tahu apa yang barangkali akan terjadi jika Anda menjalani operasi tersebut. Tanyakan resiko apa yang umumnya terlaksana dan seberapa besar bisa jadi komplikasi itu terjadi.

Persiapan apa saja yang harus dikerjakan?

Sebelum melakukan operasi, berharga bagi Anda untuk memperoleh informasi dengan jelas apa saja nan perlu Anda persiapkan hingga tiba saatnya menjalani operasi. Semisal apa perlu puasa ataupun tidak, berapa lama puasa nan dibutuhkan, adakah tes kesehatan lain yang perlu dilewatkan, dan apa perlu konsumsi obat-obatan tertentu. Jika rumah sakit bedah Anda meminta Anda untuk puasa, tanyakan menggunakan jelas berapa lama Anda musti puasa dan kapan saat yang tepat untuk mengawali puasa. Adanya cairan ataupun makanan di dalam perut bisa menimbulkan bahaya komplikasi lalu bisa menyebabkan mual ataupun muntah sesudah atau untuk operasi.

Bagaimana proses prosedur berjalan?

Sebelum melakukan prosedur, ada baiknya Anda mengetahui apakah yang akan terjadi selama prosedur dan bagaimana prosesnya. Semacam jenis obat bius lalu teknik operasi apa nantinya digunakan.

Siapa saja yang ikut andil dalam operasi?

Dalam suatu operasi, akan ada team yang ikut andil dalam prosesnya. Agar Anda lebih nyaman dalam menjalani operasi, tentu tiada salahnya menanyakan siapa saja disini dalam tim dokter operasi Anda. Anda mungkin bertanya apakah tim dokter ini memiliki banyak pengalaman dan lain-lain.

Mengetahui tubuh Anda bakal dibedah bukanlah perkara sederhana untuk diterima, terlepas daripada itu operasi kecil ataupun besar. Tidak hanya rasa gugup, tapi juga memicu stres karena memikirkan mengenai resiko atau komplikasi yang barangkali terjadi. Oleh karena itu, jika Anda sudah menentukan siapa rumah sakit bedah yang akan menangani Anda, tanyakan apa pun nan mau Anda pahami. Cari penjelasan sebanyak-banyaknya supaya Anda bisa lebih nyaman dan lebih siap. Lihat jadwal praktik disini sebelum ingin berkonsultasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.